Minggu, 28 Agustus 2011

Kehidupan di planet lain?

Salah satu pertanyaan yg paling sering ditanya oleh manusia di bumi adalah: "Apakah kita sendirian di jagat raya ini"? gue jawab, "tentu saja tidak, ada kucing, anjing, harimau, pohon, burung dll". Tapi bukan itu maksudnya, Apakah ada planet lain yg mampu menopang kehidupan seperti dibumi?




Di setiap galaksi, ada berjuta-juta Tata Surya, yang didalamnya terdapat banyak planet. Dan ada bermilyar-milyar galaksi di alam semesta ini. Nah, kalo hanya dengan ilmu statistik, seharusnya ada planet di tempat lain yg jaraknya PAS dari bintang nya sehingga air berbentuk cair disana, sehingga akan menciptakan DNA, Sel, dan pada akhirnya, mahkluk berintelegensi seperti manusia. 


Di sisi lain, ternyata tidak mudah suatu planet bisa menopang kehidupan. Pertama, planet tersebut harus berada di zona yg tepat dari bintangnya. Jika terlalu jauh, planet itu akan kedinginan, Jika terlalu dekat planet itu akan terpanggang (roti kali). lanjut, planet itu juga harus punya tetangga seperti Jupiter di Tata Surya nya, Sebuah planet besar yang dapat melindungi planet itu dari tubrukan asteroid. Jadi gini loh, Jupiter memiliki gravitasi yg kuat untuk menarik asteroid agar tidak menabrak bumi, kenapa memilki gravitasi yg kuat? karena massa jupiter yg lebih besar dari motor lainnya, eh planet lainnya, termasuk bumi.




Selain itu planet tersebut juga harus berada pada lokasi yg pas di galaksi nya, tidak terlalu dekat dengan pusa galaksi, tidak dekat dengan black hole ( lubang hitam ini biasanya berada di dekat pusat galaksi) , tidak dekat dengan Gamma Ray Burst, dan masih banyak lagi syarat-syarat lain yg bisa dibilang  "KEBETULAN" ada pada bumi yg kita tempati ini.


Jadi pertanyaanya: "Apakah bumi adalah sesuatu yg benar-benar unik? dimana semua kebetulan untuk menopang kehidupan terjadi disini? Apakah bumi langka?"


gliese 581c

Sejak tahun 2000 para ilmuwan sudah menemukan banyak planet di Tata Surya kita, tapi kebanyaka adalah planet raksasa seperti Jupiter yg berisi gas dan itu tidak mungkin untuk menopang hidup. namun ada loh beberapa planet yg menjanjikan, seperti planet pada gambar diatas, yaitu Gliese 581c yg jaraknya 20,5 tahun cahaya dari bumi, di konstellasi Libra. Ukuran planet ini 5x bumi, inilah planet pertama yg mirip bumi yg ditemukan. Tapi, eh ada tapinya jadi maaf kalo PHP (Pemberi Harapan Palsu), letak planet ini tidak terlalu pas dari bintangnya, Gliese 581c itu seperti venus, Jaraknya terlalu dekat dari bintangnya jadi terlalu panas. oh iya lalu ada Gliese 581d, tetangganya yg sifat planet nya menyerupai bumi. Tapi sayangnya dia berada terlalu jauh dari bintangnya sehingga suhunya terlalu dingin, planet ini seperti Mars.



Ada satu lagi yg paling menjanjikan yaitu Planet HD69830D, HD didepan nama planet itu bukan berarti High definiton yg buat film ya, emang namanya begitu, gue juga bingung namanya ribet. skip, planet ini ukurannya 17x ukuran bumi, wow! ayo cepet-cepet kesana kita monopoli lahan. Jaraknya lumanyun jauh, 42 tahun cahaya dari bumi di konstellasi Poppis. Suhunya pas, dan orbitnya tidak elips. Jadi mungkin ada air cair disana.



Planet HD69830D

Pencarian "bumi lain" sedang dilakukan dengan gencar. Stiap tahun ada banyak planet yg ditemukan. Apalagi NASA sudah meluncurkan satelit KEPLER di tahun 2009 yg bertugas mencari planet di luar tata surya kita. jadi gue yakin nih sebentar lagi ditemukan planet dengan kehidupan didalamnya, mungkin mahluk hijau dengan kepala terkena Tumor dan mata Sebesar Jengkol, hahaha.

Halo.. I'm Green and I like it

Tidak ada komentar:

Posting Komentar